Day #25 : A Song By an Artist That No Longer Living

Tahun 2016 mungkin akan dikenang sebagai salah satu tahun yang menyedihkan karena begitu banyaknya nama-nama besar meninggal dunia.  Dari dunia seni peran, dunia kehilangan sutradara Garry Marshall, aktor Alan Rickman, Alan Thicke hingga aktris legendaris Zsa Zsa Gabor dan Carrie Fischer. Dari dunia musik, dalam waktu kurang dari satu tahun kita sudah kehilangan Prince, David Bowie dan George Michael. Dari dalam negeri, kita juga dikejutkan oleh kepergian mendadak Mike Mohede. Such a huge loss. Each one of them was a genius in their own right, leaving us all better off for their unique contributions. 

Memang tidak ada yang tahu  kalau sudah tiba saatnya berpulang, ya. Termasuk juga dengan cara berpulang yang mendadak, tanpa sebelumnya disertai tanda-tanda. Seperti yang terjadi pada George Micahel yang meninggal tepat di hari Natal kemarin. Sampai tulisan ini saya buat penyebab pasti meninggalnya masih simpang-siur. Ada yang bilang karena sakit, karena ia  memiliki riwayat penyakit pneumonia yang ‘menyerangnya’ tahun 2011 silam, hingga harus menjalani operasi Tracheotomy untuk membuka saluran udara di tenggorokannya

Bukan (atau belum) termasuk dalam keluarga ‘legenda musik’ seperti Michael Jackson, Whitney Houston atau James Brown, tetapi banyak lagu-lagu besar yang dihasilkannya, baik saat masih bersama duo WHAM! maupun saat sudah bersolo karir. Satu lagunya yang paling saya adalah “I Can’t Make You Love Me”, yang justru bukan lagu miliknya sendiri.

Lagu ini dibawakan pertama kali oleh Bonnie Raitt. Berkisah tentang seorang perempuan yang tahu bahwa kekasihnya sudah tidak lagi menyintainya, dan ia hanya ingin menghabiskan satu malam terakhir dengan kekasihnya itu sebelum keesokan harinya ia memutuskan untuk pergi dan melanjutkan hidupnya. Alih-alih membohongi dirinya  atau berusaha untuk mengusahakan mencari jalan keluar dari keadaan tersebut, perempuan itu lebih memilih melihat kenyataaan dan mencari ‘closure’ di malam terakhir tersebut. In the morning, she’ll be on her way.

Banyak penyanyi yang mendaur-ulang lagu ini. Mulai dari Adele, Bon Iver, Boyz II Men sampai Priyanka Chopra. Termasuk almarhum Prince pernah merilis ulang lagu ini di tahun 1996, disusul setahun kemudian George Michael melakukan hal yang sama untuk album “Older”-nya, termasuk yang dibawakan dalam versi Unplugged diatas. Saya suka versi ini, karena entah kenapa pesan dari lagu ini bisa sampai ketika dinyanyikannya. Kita memang tidak bisa memaksakan seseorang untuk menyintai kita, kalau pada dasarnya mereka memang tidak menyintai kita. Karena seperti lirik lagu ini yang bilang,

“You can’t make your heart feel something it won’t.. “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *